Pada X-Sago baru-baru ini dilaksanakan LDK bagi calon pengurus OSIS, Ambala dan PMR. Salah satu acara yang paling disenangi peserta adalah GAME.
Berikut ini adalah beberapa game yang dilaksanakan pada acara tersebut dengan mengaktualisasikan sikap dan tindakan pemimpin terhadap kebijakan pada anak buahnya. tidak perlu panjang lebar, berikut ini beberapa game dan penjelasan pelaksanaan dan penjelasan aplikasinya :
1. Power Brain
2. Remote Control
3. Squitwod
4. Kelereng Estafet
5. Spider Wall
6. Keep The Fire
5. Spider Wall
6. Keep The Fire
Berikut ini akan kami jabarkan mekanisme permainanya dan penjelasan dari tujuan game tersebut :
1. Power Brain
Permainan ini bertujuan untuk membuktikan kemampuan pemimpin dalam menentukan keputusan terhadap anak buahnya. Karena hidup mati atau sejahtera tidaknya anak buah akan mempengaruhi keberhasilan organisasi yang dia pimpin. Mekanismepermainan tersebut adalah sebagai berikut :
Siapkan kedua kelompok yang akan bertanding. Masing-masing regu disediakan sebuah tingkat pemikul dan plastik berisi pasir sebanyak 20 kantong dengan berat masing-masing 3 kg. Setiap regu menyiapkan 5 orang dan salah satunya sebagai pemimpinya. Satu dari 4 anggota memegang tongkat pemikul dibahu dan diberi beban 2 kantung. setiap 30 detik akan ditambah 2 kantong lagi sampai beban nantinya tidak sanggup dipikul lagi. Nah tugas pemimpin tadi adalah mengambil keputusan kapan saatnya bergantian dalam memikul beban tadi karena masing-masinggota hanya berhak 1 kali kesempatan saja. Dari sini akan nampak ketegasan dan perhatian seorang pemimpin dalam kemampuanya membagi tugas sesuai dengan kemampuan anak buahnya.
Permainan ini bertujuan untuk membuktikan kemampuan pemimpin dalam menentukan keputusan terhadap anak buahnya. Karena hidup mati atau sejahtera tidaknya anak buah akan mempengaruhi keberhasilan organisasi yang dia pimpin. Mekanismepermainan tersebut adalah sebagai berikut :
Siapkan kedua kelompok yang akan bertanding. Masing-masing regu disediakan sebuah tingkat pemikul dan plastik berisi pasir sebanyak 20 kantong dengan berat masing-masing 3 kg. Setiap regu menyiapkan 5 orang dan salah satunya sebagai pemimpinya. Satu dari 4 anggota memegang tongkat pemikul dibahu dan diberi beban 2 kantung. setiap 30 detik akan ditambah 2 kantong lagi sampai beban nantinya tidak sanggup dipikul lagi. Nah tugas pemimpin tadi adalah mengambil keputusan kapan saatnya bergantian dalam memikul beban tadi karena masing-masinggota hanya berhak 1 kali kesempatan saja. Dari sini akan nampak ketegasan dan perhatian seorang pemimpin dalam kemampuanya membagi tugas sesuai dengan kemampuan anak buahnya.
2. Remote Control
Pada permainan Remote Control kali ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemimpin dalam memberi komando kepada anak buahnya menuju pada target yang dituju. Alur permainanya adalah sebagai berikut : panitia sudah menyediakan rute dengan beberapa rintangan. Kemudian peserta disuruh berbaris satu banjar dan berpegangan pada pundak teman didepanya dengan kondisi mata tertutup. Satu dari anggota ditunjuk sebagai pemimpin yang akan memandu anak buanya berjalan menuju target dengan hanya memberi komando berupa suara saja dari jarak jauh. Kepandaian komunikasi seorang pemimpin disini akan diuji dengan bukti dapat menghantarkan anak buahnya menuju target dengan selamat tanpa halangan yang berarti.
3. Squitwod
Kerjasama dengan kelompok kerja (Team Work) adalah tujuan dari permainan ini. Masing-masing regu akan diikat satu kaki dan satu tanganya menjadi satu, sehingga akan nampak sesuatu yang bertangan dan berkaki banyak. Kemudian regu tersebut akan berlomba untuk mencapai finish dengan cepat. Game ini penjabaran dari game serompa dengan sedikit modifikasi.
3. Squitwod
Kerjasama dengan kelompok kerja (Team Work) adalah tujuan dari permainan ini. Masing-masing regu akan diikat satu kaki dan satu tanganya menjadi satu, sehingga akan nampak sesuatu yang bertangan dan berkaki banyak. Kemudian regu tersebut akan berlomba untuk mencapai finish dengan cepat. Game ini penjabaran dari game serompa dengan sedikit modifikasi.
4. Kelereng Estafet
Ketangkasan dan kerja sama yang bagus adalah kunci keberhasilan dalam menyelesaikan game ini. dimana 10 anggota yang ada dalam satu kelompok diberi 5 buah pipa dengan panjang 30 cm. Tugasnya adalah memindahkan kelereng dari ember untuk dimasukan kedalam botol dengan cara melalui pipa tersebut secara estafet.
5. Spider Wall
Prememory (sudah banyak yang tahu.
6. Keep The Fire
Ketangkasan dan kerja sama yang bagus adalah kunci keberhasilan dalam menyelesaikan game ini. dimana 10 anggota yang ada dalam satu kelompok diberi 5 buah pipa dengan panjang 30 cm. Tugasnya adalah memindahkan kelereng dari ember untuk dimasukan kedalam botol dengan cara melalui pipa tersebut secara estafet.
5. Spider Wall
Prememory (sudah banyak yang tahu.
6. Keep The Fire
Digame ini masing-masing regu akan saling berkompetisi, dimana satu regu mempunyai tugas melindungi nyala lilin yang dibawa untuk menyalakan lilin pada sasaran yang telah ditentukan. Tugas regu yang satunya adalah sebagai kopetitor yang akan berusaha mengambil alih job regu kompetitor dalam menyelesaikan tugasnya dengan cara melemparinya dengan kantong plastik berisi air pada jarak yang telah ditentukan.
0 comments:
Posting Komentar
Luangkan waktu sekejab untuk komen, insya Allah berpahala